Tuesday, March 6, 2012

Tugas 4 Data Manipulation Language dan Entity Relational Diagram

Terangkan dan jelaskan secara singkat dari macam-macam atribut!

Macam-macam atribut:

· Atribut Sederhana. Atribut yang hanya mengandung sebuah informasi saja mengenai suatu entity. Contohnya atribut nama dari pelanggan.

· Atribut Gabungan. Atribut yang mengandung banyak informasi mengenai suatu entity. Contohnya atribut alamat pelanggan bisa mengandung beberapa informasi, misalnya informasi nama jalan, nomor jalan, nama propinsi, kode pos dan lain-lain. Informasi-informasi tersebut (nama jalan, kode pos dan lain-lain) dinamakan komponen atribut.

· Atribut Tersimpan. Atribut yang langsung terlihat pada entity. Contohnya atribut nama, atribut alamat, dan atribut tanggal lahir dari pelanggan.

· Atribut Turunan. Atribut yang tidak langsung terlihat pada entity, namun bisa didapatkan dari atribut tersimpan. Contohnya atribut usia yang bisa didapatkan dari atribut tanggal_lahir.

· Atribut Kunci. Atribut yang bisa membedakan masing-masing anggota dari himpunan entity. Contohnya untuk entity barang dagangan mempunyai atribut kunci kode barang, yang mana suatu barang dengan kode barang tertentu pasti berbeda dengan barang lain dengan kode barang yang lain. Atribut kunci pada entity barang di bawah ini adalah yang diberi garis bawah.

barang = (kode_barang, nama_barang, tipe_barang)

· Atribut Tunggal. Atribut yang hanya mempunyai sebuah nilai. Contohnya atribut nama suatu barang.

· Atribut Jamak. Atribut yang mempunyai banyak nilai. Contohnya atribut penyalur (suplier) dari suatu barang yang dijual di sebuah mini market. Dengan kata lain untuk suatu barang tertentu bisa disalurkan oleh beberapa penyalur.

Apa yang dimaksud dengan Diagram E-R dan sebutkan fungsinya !

Diagram E-R atau entity relation diagram merupakan model data berupa notasi grafis dalam pemodelan data konseptual yang menggambarkan hubungan antara penyimpan. Model data sendiri merupakan sekumpulan cara, peralatan untuk mendeskripsikan data-data yang hubungannya satu sama lain, semantiknya, serta batasan konsistensi. Model data terdiri dari model hubungan entitas dan model relasional.

Diagram E-R digunakan untuk mengkonstruksikan model data konseptual, memodelkan struktur data dan hubungan antar data dan mengimplementasikan basis data secara logika maupun secara fisik dengan DBMS (Database Management system). Dengan diagram hubungan entitas ini kita dapat menguji model dengan mengabaikan proses yang harus dilakukan. Diagram hubungan entitas dapat membantu dalam menjawab persoalan tentang data yang diperlukan dan bagaimana data tersebut saling berhubungan.

Diagram E-R mempunyai 4 simbol utama, sebutkan dan jelaskan masing-masing simbol tersebut !

Berikan contoh untuk masing-masing kardinalitas dalam Diagram E-R !

Kardinalitas Pemetaan menggambarkan jumlah anggota suatu himpunan entity yang dapat dipasangkan dengan sebuah anggota suatu himpunan entity yang lain melalui suatu relationship. Kardinalitas Pemetaan sangat berguna untuk menjelaskan Relationship Biner. Bila dimisalkan kita mempunyai Relationship Biner yang merelasikan himpunan entity A dan B, maka bentuk Kardinalitas Keanggotaannya akan sebagai berikut ini.

Relationship Satu ke Satu

Relationship ini terjadi bila setiap entity dari A direlasikan dengan paling banyak sebuah (boleh 0) entity dari B, demikian pula sebaliknya setiap entity dari B direlasikan dengan paling banyak sebuah entity dari A.

Contohnya adalah bila dimisalkan A adalah himpunan entity negara dan B adalah himpunan entity ibukota dari A.

Relationship Satu ke Banyak

Relationship ini terjadi bila setiap entity dari A direlasikan dengan beberapa entity dari B (boleh 0), namun setiap entity dari B direlasikan dengan paling banyak sebuah entity dari A.

Contohnya adalah bila dimisalkan A adalah himpunan entity ibu dan B adalah himpunan entity anak yang dilahirkan oleh ibu yang terdapat pada himpunan A.

Relationship Banyak ke Satu

Relationship ini terjadi bila setiap entity dari A direlasikan dengan paling banyak sebuah entity dari B, namun setiap entity dari B direlasikan dengan beberapa entity dari A.

Contohnya adalah bila dimisalkan A adalah himpunan entity anak dan B adalah himpunan entity ibu yang melahirkan anak yang terdapat pada himpunan A.

Relationship Banyak ke Banyak

Relationship ini terjadi bila setiap entity dari A direlasikan dengan beberapa entity dari B, demikian pula sebaliknya setiap entity dari B direlasikan dengan beberapa entity dari A.

Contohnya adalah bila dimisalkan A adalah himpunan entity pelanggan dan B adalah himpunan entity barang yang dibeli pelanggan yang terdapat pada himpunan A.

Apa yg dimaksud dengan spesialisasi dan generalisasi ?

Spesialisasi adalah Proses mendesain subgrup di dalam suatu entity . Suatu himpunan entitas bisa memiliki suatu subgrup yang berbeda diantara entitas-entitas lain dalam himpunan tersebut. Misalnya suatu sub himpunan entitasdalam suatu himpunan entity bisa memiliki atribut yang berbeda dari entity-entiti lain. Model E-R memiliki fasilitas untuk perbedaan ini.

Contoh : himpunan entitas account memiliki atribut account-number dan balance. Suatu account dapat diklasifikasikan lagi menjadi salah satu dari (gambar di bawah):

- savings-account

- checking-account

Setiap tipe account ini diterangkan dengan himpunan atribut yang termasuk dalam atribut-atribut dari entitas account ditambah dengan atribut tambahan. Contoh entity saving-account diterangkan dengan atribut interest-rate, danchecking-account diterangkan dengan overdraft-amount. Proses spesialisasi mengijinkan pembedaan account berdasarkan tipe account. Account juga dapat dibedakan dengan cara lain, misalkan berdasarkan tipe kepemilikkan menjadi commercial-account dan personal-account. Ketika dalam suatu entitas dibentuk lebih dari satu proses spesialisasi, maka suatu entitas menjadi milik dua spesialisasi tersebut. Misal suatu account bisa merupakan suatu personal account dan suatu checking account. Dalam diagram E-R, spesialisasi dilambangkan dengan komponen segitiga bertuliskan ISA. ISA juga melambangkan hubungan antara superclass-subclass. Entity yang dengan kedudukkan lebih rendah/tinggi memiliki lambang sama.

Generalisasi adalah proses pendefinisian subclass-subclass yang disatukan menjadi entitas superclass tunggal berdasarkan karakteristik umum. Disamping proses desain top-down (dari inisial entitas ke level lebih rendah (subgrup)), desain juga dapat dilakukan dengan proses bottom-up, yaitu banyak entitas disintesiskan menjadi entity yang lebih tinggi berdasarkan kesamaan feature-nya.

Desainer basis data mungkin mengidentifikasi terlebih dulu entitas checking-account dengan atribut account-number, balance dan overdraftamount. Ditemukan juga entity set saving-account dengan atribut account-number, balance dan interest-rate. Terdapat kesamaan antara entitas checking-account dengan entitas saving-account, yaitu keduanya memiliki beberapa atribut yang sama. Persamaan ini dapat diekspresikan dengan generalisasi (lihat gambar diatas).

No comments:

Post a Comment