Tuesday, March 27, 2012

Tugas 5 DCL dan Normalisasi

Berikan contoh normalisasi pada kasus lain!


Dari tabel data yang dihasilkan pada perancangan basis data, lakukanlah normalisasi pada tabel-tabel tersebut sampai bentuk normal ketiga !

Teknik Normalisasi Pertama :
Membuat dan menentukan primary key pada tablenya, supaya setiap data atau field field lainya tergantung hanya pada satu field yaitu yang dijadikan primary key. pada kasus ini field merk_barang yang akan dijadikan primary key bukan lokasi atau id_produsen.


Teknik Normalisasi Kedua :
lalu pada teknik yang kedua, field field yang tergantung pada satu field harus dipisahkan, seperti pada contoh field tipe_barang tergantung pada field lokasi dan produsen tergantung dengan field id_produsen, maka dari itu field tersebut di pisahkan dengan tabel peminjaman, sehingga harus dibuat tabel yang terpisah.


Teknik Normalisasi Ketiga :
selanjutnya teknik normalisasi ketiga, setelah field field dipisah sehingga dibuat table yang baru, maka waktunya pembenahan data. Diketahui sebelumnya pada tabel buku record kelima terdapat keganjilan data yang tidak sesuai dengan field lokasinya dan pada tabel produsen pun terdapat redudansi data atau pengulangan data, maka dari itu tabel buku dan tabel produsen harus diperbaiki dan diubah sehingga tidak terjadinya kesalahan dalam penyimpanan data, seperti pada contoh di bawah ini :

No comments:

Post a Comment