Tuesday, April 3, 2012

Tugas 5 Contoh Lain Normalisasi

Normalisasi adalah sebuah teknik dalam Logical Design Kewarganegaraan. Teknik ini mengelompokan atribut dari suatu relasi data yang tidak terstruktur menjadi relasi yang tertata rapih dan terstruktur, dan tidak terjadinya redudansi (perulangan data). Nah berikut kita akan mencoba melakukan teknik Normalisasi dari data berikut.


Teknik normalisasi dibagi menjadi tiga tahap, yaitu Normalisasi Pertama hingga ketiga, kita akan melakukan tiga tahap tersebut menggunakan tabel data yang ada diatas.
Normalisasi Pertama
Normalisasi tahap ini yaitu kita harus mendefinisikan Primary key, dan atribut lainnya mengikuti atribut Primary key yang telah ditentukan, pada kasus ini, Nim kita gunakan sebagai atribut kunci / primary key dari tahap ini. Jadi sebagai berikut :

Normalisasi Kedua
Setelah selesai dengan tahap sebelumnya. sekarang kita akan pisah atribut - atribut kedalam tabel yang berbeda agar tidak terjadi ketergantungan parsial, dan terjadinya redudansi, dan semua tergantuk terhadap field kunci masing - masing. Sebagai berikut:




Normalisasi Ketiga
Nahhh sekarang adalah normalisasi tahap akhir, dimana sudah tidak tergantung secara parsial kedalam satu bentuk, dan sekarang kita akan menekan kembali redudansi yang tidak perlu, jadi sebagai berikut

No comments:

Post a Comment