Sunday, January 2, 2011

ITS Buka Tiga Fakultas Baru


Pada 2011 Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) akan membuka tiga fakultas baru, yakni Fakultas Ilmu Kebumian, Fakultas Desain dan Industri Kreatif, serta Fakultas Bisnis dan Inovasi.

Rektor ITS, Prof Priyo Suprobo di Surabaya, Jumat (17/12), mengatakan, Fakultas Ilmu Kebumian meliputi program studi geofisika, geologi, dan teknik geometika.

Fakultas Desain dan Industri Kreatif meliputi program studi desain komunikasi visual dan jurusan desain interior. Sedangkan Fakultas Bisnis dan Inovasi saat ini masih belum berdiri sendiri, karena menjadi bagian dari Fakultas Teknik Industri (FTI).

Menurut Probo, sebenarnya tidak ada yang baru dalam masing-masing jurusan. Pasalnya, masing-masing program studi yang ada di fakultas baru itu sebelumnya telah ada di fakultas lain yang lebih dulu ada. Misalnya, program studi di Fakultas Desain dan Industri Kreatif sebelumnya masuk di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP).

“Sedangkan program studi geofisika dan geologi sebelumnya berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Matematika dan IPA (FMIPA),” ujarnya.

Pendirian fakultas kebumian dinilai cukup lambat dapat direalisasikan. Sebab, ITS sebenarnya sudah lama diminta oleh Pemprov Jawa Timur mendirikan fakultas yang membidangi ilmu kebumian dan pertambangan ini. Hal itu diungkapkan ketika ITS masih di bawah kepemimpinan Prof Soegiono (rektor sebelum Prof Muhammad Nuh).

Alasan berdirinya Fakultas Kebumian ini disebabkan banyaknya peristiwa alam yang butuh penanganan khusus. Kendati begitu, sambung Probo, tidak semua fakultas akan diikutkan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Pasalnya, ada beberapa program studi yang perlu seleksi teknis dan itu dilakukan oleh ITS sendiri. “Tiap program studi baru ini diperkirakan dapat menampung sebanyak 50 mahasiswa baru,”kata mantan dekan fakultas Teknik Sipil ITS.(red)

Sumber : http://www.surabayakita.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1686:its-buka-tiga-fakultas-baru&catid=58:pendidikan-a-kesehatan&Itemid=48

No comments:

Post a Comment